Persiapan Latsitarda Nusantara LXII di Lotim

Lombok Timur – Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke LXII tahun 2022 akan dipusatkan di wilayah Nusa Tenggara Barat salah satunya di Kabupaten Lombok Timur.

Demikian kata Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., usai menggelar rapat kesiapan Latsitarda Nusantara LXII di ruang rapat Sekda Kabupaten Lombok Timur, Senin (7/3/2022).

Rapat kesiapan tersebut dihadiri Sekda Lotim H. M. Juaini Taofik, Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono, Dansatgas Elang Latsitarda Nusantara Letkol Pnb. Suryo Anggoro M. dan instansi terkait.

Dijelaskannya, Latsitarda Nusantara ini merupakan momentum bagi para taruna dan taruni untuk membangun sinergitas TNI, Polri dan IPDN dengan masyarakat NTB khususnya Lotim sekaligus sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa kejuangan dan cinta tanah air yang terintegrasi melalui Latsitarda.

“Latsitarda Nusantara ini dilaksanakan sekali setahun selama satu bulan yakni pada bulan Mei mendatang yang diikuti oleh Taruna Akademi Militer, Taruna Akademi Angkatan Laut, Taruna Akademi Angkatan Udara, Taruna Akademi Kepolisian, Institut Pemerintah Dalam Negeri dan Mahasiswa sebagai program akhir pendidikan,” papar Amin.

Alumnus Akmil 2002 itu juga menyampaikan khusus untuk Satgas Elang Latsitarda Nusantara akan di fokuskan di wilayah Kabupaten Lombok Timur terutama di Kecamatan Sambelia, Sembalun, Pringgabaya, Jerowaru dan Posko berada di Kecamatan Selong.

Satgas Elang Latsitarda Nusantara nantinya beranggotakan sebanyak 150 orang gabungan dari 5 elemen taruna dengan berbagai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti rehab rumah tidak layak huni (RTLH), pembuatan penampungan bak air, penanaman pohon bakau, gotong royong fasilitas umum dan lainnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Lombok Timur berharap Latsitarda ini tidak hanya mengintegrasikan para taruna dengan unsur masyarakat lainnya melainkan juga menjadi ajang promosi, khususnya pariwisata, bagi Lombok Timur. Karena itu Sekda merekomendasikan sejumlah kegiatan, termasuk display dari drumband taruna yang diusulkan digelar di Sembalun. Rencananya kegiatan tersebut akan diintegrasikan dengan  agenda rutin pariwisata Lombok Timur di Kecamatan Sembalun seperti Lomba Paragliding. (red)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Artikel Terbaru

Video Terbaru

Scroll to Top